Penyakit Hepatitis A

Hepatitis A, B, dan C adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Hingga saat ini ada banyak sekali jenis virus hepatitis yang ditemukan, namun yang terbanyak di Indonesia adalah jenis virus hepatitis A, B, C, dan D.

Jika seseorang terinfeksi virus hepatitis A maka penyakit tersebut tidak akan berubah menjadi hepatitis B atau C. Demikian juga sebaliknya. Hepatitis A adalah penyakit peradangan hati yang sifatnya akut, yaitu berlangsung selama kurang dari 6 bulan. Sedangkan hepatitis B dan C bersifat kronik, yang bisa berlangsung lebih dari 6 bulan.

Perlu diingat bahwa penyakit hepatitis atau peradangan hati tidak hanya disebabkan oleh keempat jenis virus hepatitis diatas. Namun juga bisa disebabkan oleh virus Dengue dan HIV. Bedanya kedua virus ini tidak spesifik hanya menginfeksi hati (liver) saja, sedangkan hepatitis A, B, dan C spesifik hanya menginfeksi hati.

Penularan penyakit ini adalah melalui jalur fekal-oral. Artinya seseorang bisa tertular melalui makanan atau minuman yang sudah tercemar oleh virus hepatitis A yang berasal dari feses (kotoran/tinja) penderita hepatitis A. Makanan yang tidak di cuci dengan baik atau dimasak setengah matang biasanya menjadi media yang baik bagi virus ini. Minuman yang sumbernya sudah tercemar 9oleh virus hepatitis A juga bisa menjadi sumber penularan.

Saling berbagi tempat makan atau minum tidak akan menularkan oenyakit ini. Kecuali, jika penderitanya tidak memperhatikan kebersihannya, misalnya tidak mencuci tangan dengan baik sehabis buang air besar (BAB) kemudian makan bersama. Dengan demikian, tangannya sudah terkontaminasi oleh virus hepatitis A yang terdapat di fesesnya. Dengan kata lain percikian ludah tidak menyebabkan seseorang tertular hepatitis A.


=====================================

>>> Obat Hepatitis Untuk Membantu Mengobati dan Menyembuhkan Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan Pencegahan Hepatitis dan juga Menyehatkan Fungsi Hati, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyebab Hepatitis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *